Kamis, 14 Mei 2015

Asal Usul Desa Kedungpring


Pada zaman dahulu kala ada kesatria yang gagah berani bernama Suro Jenggolo. Dia selalu melakukan perjalanan dengan menunggangi kuda putihnya salah satu hal yang memudahkan orang mengenalinya adalah topinya, yang menyerupai lupang kenteng. Suatu hari ia menemukan sebuah hutan yang lebat disana terdapat pohon bambu. Ia pun mendapat ide untuk mengubah hutan tersebut menjadi wilayah pemukiman warga, dengan kerja kerasnya akhirnya ia berhasil membuat pemukiman warga.
Pada zaman penjajahan belanda ketentraman warga mulai terusik karena belanda berusaha menguasai wilayah tersebut, tapi suro jenggolo tidak tinggal diam ia memimpin warga untuk mempertahankan wilahyanya. Suatu ketika penjajahan belanda membunuh suro jenggolo. Dengan memakai topi lumping kenteng dan kuda putihnya ia melarikan diri dari kejaran para penjajahan belanda. Ia menunggangi kuda putihnya berlari kencang hingga sampai di suatu kedung yang di sekelilingnya terdapat banyak pohon bambu. Suro jenggolo langsung membuang topi lumpang kempingnya ketepi tebing kemudian dia dan kuda putihnya melompat kedalam kedung tersebut.
         Para penjajah tidak berhasi menangkapnya mereka hanya menemukan topi lumpang kenteng yang dipakai suro jenggolo yang di tepi kedung. Semua pasukan di utus untuk mencarinya dan menunggu kedung hingga suro jeggolo keluar. Tapi setelah lama mencari dan menunggu suro jenggolo tidak ditemukan. Akhirnya kabar hilangnya suro jenggolo terdengar seluruh penduduk desa, mereka menganggap suro jenggolo sudah meninggal,padahal suro jenggolo belum meninggal, ia pergi ke suatu tempat untuk menyelamatkan diri, tetapi warga desa sekitar salah pendapat bahwa suro jenggolo menceburkan dirinya ke sumur, padahal tidak. Ia masih hidup di suatu tempat. Pada suatu hari suro jenggolo pergi kembali ke desa tersebut dan ingin membunug para belanda, namun ide suro jenggolo di cium oleh para belanda. Belanda mengetahui bahwa suro jenggolo masih hidup dan mengejarnya kembali , samapi ke sumur itu lagi, dan untuk menyelamatkan diri suro jenggolo benar-benar menyeburkan dirinya ke dalam sumur tersebut dan belanda mengetahuinya sendiri dengan matanya, lalu berita tersebut di sebar keseluruh desa , dan warga desa mendengarnya,  untuk mengenal jasa-jasa suro jenggolo akhirya penduduk desa memberi nama desanya dengan nama KEDUNGPRING, karena suro jenggolo mencebur kedalam kedung yang di sekelilingi banyak pohon bambu yang bahasa jawa disebut pohon pring.

1 komentar:

  1. Apakah ini benar sejarah kecamatan kedungpring kab lamongan.. mohon berikan referensi jelasnya

    BalasHapus