Senin, 11 Mei 2015

Asal Usul Dusun Pagak Kec Sukodadi


                     Kecamatan sukodadi adalah salah satu kecamatan yang berada di kabupaten lamongan. Kecamatan sukodadi terbagi atas beberapa wilayah. Wilayah barat, timur, utara, dan selatan. Salah satunya, di sebelah timur dari kecamatan sukodadi yaitu terdapat desa sidogembul. Desa sidogembul terbagi atas 4 dusun, yaitu dusun talun, dusun pagak, dusun kepoh, dan dusun butorejo.
            Mengapa disebut sebagai desa sidogembul ? konon, kata sidogembul itu di ambil dari kata “SIDO” dan “GEMBUL”. Dalam bahasa indonesia kata sido diartikan sebagai jadi, dan gembul diartikan sebagai kumpul. Jadi kata sidogembul berartikan “ suatu desa yang jadi kumpul atau bisa kumpul “. Maksutnya, adalah kumpul dalam segala hal, yang bisa mencapai suatu tujuan untuk kebaikan bersama.
            Disini saya akan menceritakan sejarah singkat dari desa atau dusun yang saya tempati, yaitu dusun pagak. Nama pagak sendiri diusulkan oleh para masyarakat sekitar yang hidup pada zaman itu. Zaman dimana bangsa indonesia masih dijajah oleh belanda dan jepang. Masyarakat yang memberi nama dusun ini masih ikut serta pada saat indonesia dijajah oleh belanda dan jepang. Masyarkat memberi nama pagak pasti memiliki alasan tertentu. Tetapi, banyak orang yang tidak mengetahui alasan yang pasti tentang pemberian nama dusun pagak. Karena orang-orang yang hidup pada zaman itu belum sempat memberitahukan kepada anak cucunya. Dan beliau-beliau yang ikut serta dalam pemberian nama kini sudah telah tiada. Sehingga keturunan meraka tidak tahu menahu mengenai sejarah yang pasti tentang pemberian nama pagak.
            Meskipun masyarakan tidak tahu menahu tentang sejarah dusun pagak, tetapi mereka masih menghormati dan menghargai kerja keras para sesepuh mereka. Dengan cara terus menjalankan kebiasaan dan adat istiadat yang telah berjalan sejak zaman dahulu. Masyarakat sadar bahwa para sesepuh kita berjuang keras. Sehingga mereka tidak akan pernah menghilangkan kebiasaan atau adat istiadat yang ada pada dusun ini.
            Dan dulu, konon. Para sesepuh dusun ini pernah ikut serta dalam perang indonesia belanda. Bahkan ada yang pernah ikut membunuh para PKI. PKI sendiri adalah sebutan bagi orang jahat dari belanda. Sehingga para sesepuh merasa jengkel dengan tingkah laku para PKI. Dan mulai saat itu juga nama pagak lahir. Nama pagak pun melekat pada desa ini sampai sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar