Minggu, 10 Mei 2015

SEJARAH DESA BANJAREJO KEC.SUKODADI


Dari berbagai sumber yang telah ditelusuri dan digali, asal-usul Desa Banjarejo memiliki banyak cerita yang cukup bervariatif. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya sumber-sumber cerita yang kemudian dipercayai dan dijadikan pedoman sebagai keramat orang pertama yang datang dan membabat desa.
Banjarejo berasal dari kata Banjar dan Rejo, dimana pada saat dulu Banjarejo ini bernama Banjaranyar, yaitu suatu desa kecil yang berhimpitan dengan Dusun Banjaran, Dusun Mireng, Dusun Balan, Dusun Menaor., Dusun Gampeng, Dusun Plembon dan Dusun Bulak watu. Setelah ada perkembangan jaman, maka dari berbagai dusun tersebut akhirnya bergabung menjadi satu desa, yang kurang diketahui tahun berapa persisnya menurut penutur cerita tidak bisa memberikan data yang pasti.
Setelah dusun-dusun tersebut menyatu maka para pemuka adat memberi nama Desa Banjarejo. Karena dengan bergabungnya beberapa desa tersebut akhirnya menjadi ber-banjar-banjar, mulai dari Banjaran ,Mireng, Menaoo, Balan, Gampeng, Plembon dan Bulak Watu. Karena berbanjar-banjar itu lalu disebutlah Desa Banjar , agar kelak menjadi desa yang ramai dan kaya maka, ditambahkan nama Rejo dibelakangnya sehingg menjadi Desa Banjarejo. Maka gabungan dari berbagai desa tersebut resmi menjadi Desa Banjarejo sampai sekarang.

1 komentar:

  1. Saya penduduk plembon. Smg warga desa banjarejo mampu mewujudkan keinginan luhur para pendirinya. Shg mnjd desa berbanjar banjar yang ramai dan warga nya kaya raya.

    BalasHapus