Selasa, 12 Mei 2015

Sejarah Desa Wanar


Desa Wanar terletak di Kecamatan Pucuk Kab. Lamongan, terletak di sebelah barat daya kota Lamongan. Pendiri ialah Raden Panembahan Agung Singodipuro salah seorang cucu Pangeran Singosari penguasa Giri yang terakhir.
Tatkala Giri berhasil dikalahkan oleh Amangkurat II yang bekerja sama dengan Kompeni Belanda pada tanggal 25 April 1680, Raden Panembahan Agung Singodipuro berhasil meloloskan diri ke desa Kradenanrejo wilayah Kedungpring.
Setelah melewati masa persembunyian di Gunung Liman Nganjuk dan lereng Gunung Wilis, beliau berhasil mempersunting puteri Adipati Magetan yang bernama R.A. Koening. Keduanya kemudian bebadra (mengambil tempat untuk tinggal) di tengah hutan jati di wilayah Lamongan yang kemudian berubah menjadi sebuah Desa yang diberi nama Wanar.
Dari Desa ini menurut cerita orang-orang tua, agama Islam disebarkan oleh Panembahan Agung Singodipuro dan anak cucu-cucunya ke desa-desa sekelilingnya sampai ke Ngimbang, Jombang, bahkan sampai ke wilayah Bojonegoro.
Untuk mengingat jasanya dalam menyebarkan agama Islam, oleh warga dan keturunannya sekarang telah didirikan bangunan di makam beliu sebagai tempat ziarah dan khoul do’a bersama yang diadakan setiap tahun sekali, di samping itu di sana masih disimpan dengan baik benda-benda peninggalannya.


0 komentar:

Posting Komentar