Selasa, 12 Mei 2015

Mengenal Tari Boran


Hai pembaca setia, kali ini saya akan membahas sedikit tentang tari. Ayo tebak tari apa ??? yupp betul, tari khas dari kota bandeng lele yaitu tari boran. Kenapa sih dikatakan tari boran ?
Disebut Tari BORAN (Sego Boran) karena tari ini merupakan penggambaran suasana kehidupan para penjual Nasi Boran di Kabupaten Lamongan dalam menjajakan dagangannya dan berinteraksi dengan pembeli. Kesabaran, gairah, dan semangat serta ketangguhan adalah semangat mereka dalam menghadapi ketatnya persaingan dan beratnya tantangan hidup untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Iwak kutuk, sambel, sili, plethuk, peyek, gimbal, empuk adalah ciri khasku, Nasi Boran khas Lamongan.
Dari tari boran kita dapat belajar banyak hal, terutama bagaimana sulitnya perjuangan para penjual Nasi Boran khas Lamongan. Mereka harus bekerja keras untuk menyiapkan berbagai bumbu dan memasaknya menjadi suguhan yang memanjakan lidah para penikmat nasi boran. Setelah memasak mereka harus menjajakan nasi boran yang sudah dibuat bahkan sampe larut malam. Betapa berat dan lelahnya perjuangan para penjual nasi boran.
Perkembangan tari boran sangat luar biasa pesat, dari anak-anak sampai orang dewasa mau mempelajari dan mengembangkan tari boran. Padahal terciptanya tari boran Dimulai dari terinspirasi pada penjual tari boran. Kemudian dikembangkan menjadi sebuah tarian dengan gerakan-gerakan yang indah. Tari boran ini menjadi tari khas daerah lamongan. Tari boran sangat membanggakan kota Lamongan, karena Tarian ini telah memperoleh banyak prestasi yang luar biasa. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Lamongan biasanya menampilkan Tarian ini, supaya para warga Lamongan mengetahui bahwa Lamongan mempunyai kesenian yang luar biasa. Sebagai generasi muda sudah patutlah kita turut serta menjaga eksistensinya dan kelestariannya. Seiring dengan perkembangan zaman, tari boran harus terus dikembangkan menjadi tarian yang lebih modern
Tahu tidak kawan, apa yang membuat tari boran sangat menarik ? Keindahan tari boran terletak pada gerakannya yang sangat indah. Gerakannya memang cepat, tetapi kaya akan makna dan disusun secara rancak serta indah. Juga terletak pada pakaiannnya yang berwarna-warni, serta make up yang sederhana tetapi tetap menarik.
Busana dalam tarian boran ini tidak begitu rumit (simple). Memakai : Celana ¾ dengan warna-warna yang cerah, Baju lengan panjang dengan warna di sesuaikan celana, Penutup kepala (kupluk)
Gerakan tari Boranan cukup sederhana namun bermakna, dengan sentuhan tradisional. Setiap gerakan menunjukkan aktivitas penjual Boranan, dari menyiapkan makana sampai menyerahkannya kepada pelanggan. Para penari terlihat begitu lincah, serasi, dan kompak dalam membawakan Tari Boranan. Irama dalam Tari Boran ini naik turun. Kadang kala gerakannya lambat, kadang kala gerakannya menjadi cepat.
Demikian sedikit pengetahuan tentang tari boran, semoga bermanfaat untuk para pembaca semua. Jika ingin tahu banyak tentang tari boran, silahkan lihat saat ada pertunjukan tari boran. Mari kita nguri nguri kabudayan

0 komentar:

Posting Komentar