Selasa, 12 Mei 2015

ASAL USUL DESA MOROPELANG


Pada zaman dulu ada sebuah tempat pemukiman yang penuh dengan pepohonan seperti hutan. Dulu orang luar belum mengetahui nama desa itu, lalu terjadi percakapan antara dua orang, “mas, itu desa apa ya?, kok tempatnya seperti hutan?”, lalu dijawab “entah mas, aq juga gak tau, tapi agak sedikit juga sih katanya yang tinggal di sana!”. Pada saat itulah dari mulut ke mulut orang mulai memperhatikan tempat pemukiman itu, Orang-orang mulai penasaran dengan pe mukiman itu.
            Pada suatu hari ada penduduk yang entah dari daerah mana masuk kedalam pemukiman itu. Lalu salah satu penduduk tetangga desa menanyai orang itu yang hendak masuk ke pemukiman tanpa nama itu. “mas, mau kemana kok jalan kesana?”. Lalu dijawab “iya mas, ini mau ke tempat sana,  Itu disitu ada pemukiman!” . orang- orang semakin lama semakin penasaran kenapa ada juga yang mau kesana padahal masih banyak yang belum tau kondisi dan situasinya seperti apa.
            Suatu hari penduduk tetangga desa mulai curiga dengan tempat pemukiman itu. Dan orang-orang disana berdiskusi , dan kesimpulannya adalah orang yang dari luar masuk kedalam tempat pemukiman sebelah desa mereka tidak pernah muncul kembali bahkan tidak pernah kelihatan. Dalam bahasa jawa datang yang artinya “MORO” dan hilang artinya “ELANG” . dan akhirnya desa itu disebut MOROELANG, tetapi karena tempatnya berbatasan/dekat dengan Desa Pelang maka dirubah menjadi MOROPELANG.

0 komentar:

Posting Komentar